Minggu, 20 Januari 2013

OPTIMALISASI ORGANISASI MELALUI KNOWLEDGE MANAGEMENT

OPTIMALISASI ORGANISASI
MELALUI KNOWLEDGE MANAGEMENT

 
Memahami strktur dan Desain Organisasi
Untuk mencapai tujuan secara efektif dan efisien, organisasi memerlukan struktur yang tepat dan sesuai dengan visi, misi, strategi dan keadaan lingkungan organisasi baik internal maupun eksternal. Fungsi struktur organisasi adalah menunjukan tugas yang dialokasikan, mekanisme koordinasi, dan pola interaksi antar anggota. Komponen dasar pada struktur organisasi terbagi menjadi tiga (1) Kompleksitas merefleksikan sejauhmana kerumitan pekerjaan yang ada dan bagaimana mengalokasikanya. (2) Formalisasi menunjukan sejauh mana standarisasi, prosedur, dan kebijakan dirumuskan. (3) Sentralisasi menunjukan siapa serta mekanisme pengambilan keputusan terpusat atau didelegasikan

Desain organisasi berbicara mengenai menyusun dan merubah struktur organisasi agar dapat mencapai sasaran dengan maksimal. Faktor yang melatarbelakangi penyusunan dan perubahan tersebut adalah kesesuaian visi, misi, dan kondisi kekinian yang akan terjadi.

Knowledge Management
Knowledge Management membahas mengenai pengalokasian knowledge pada upaya pencapaian sasaran organisasi. Knowledge Management terdiri dari dua jenis pengetahuan yaitu : tacit dan explicit.
Tacit knowledge adalah pengetahuan yang sulit atau tidak dapat diartikulasikan namum dapat ditransfer atau dikomunikasikan (Nonaka, 1997).
komponen tacit knowledge :
  • Kognitif (berkaitan dengan pikiran/mind) atau sering disebut juga dengan istilah mental model yakni kerangka atau pola pikir dalam melihat atau menganalisis suatu fenomena. Hal ini berkaitan erat dengan berbagai faktor antara lain keyakinan, pengalaman, dan paradigm yang diyakini oleh seseorang.
  • Technical knowledge komponen ini berkaitan dengan keterampilan psikomotor seseorang misalnya keterampilan melukis, memainkan alat music, dll
Explicit knowledge adalah pengetahuan nyata dan dapat diatrikulasi sebab dapat dengan mudah diajarkan dan ditransfer pada orang lain.

 
Simpulan
Perkembangan teknologi semakin pesat dan mendorong organisasi untuk melakukan inovasi sehingga mampu bertahan dan berkembang.  Kata kunci knowledge management  adalah kreatifitas dan inovasi melalui proses kreatif dan pengelolaan pengetahuan.

Telah dijelaskan sebelumnya mengenai struktur dan desain organisasi, maka KM dapat disesuaikan denga kebutuhan organisasi yang sudah ditetapkan pada struktur, tinggal bagaimana kecermatan pengurus organisasi dalam pendayagunaan potensi SDM organisasi. Ketepatan mendesain organisasi akan berpengaruh pada KM maka, pada perumusan desain perlu mempertimbangkan kondisi SDM di kaitkan dengan keterampilan yang dimiliki dan kecenderungan prilaku anggota.

Daftar Bacaan :
Argyris, C & Schan, D.A. 1978. Organizational Learning. Reading, MA : Addison- Wesley.

Akhmad Subekti, Jauhar Mohammad 2012. Pengantar Manajemen Sumber Daya Manusia. Prestasi Pustaka Publisher

Budihardjo Andreas 2011. Organisasi Menuju Pencapaian Kinerja Optimum. Prasettya Mulya Publishing.

Bedeian, GA, & Zammuto, R.F. 1990. Organizations. Theory and Design. USA : The Dryden Press.

Manajemen Organisasi http//klinik-organisasi.blogspot.com




Oleh Iman Cahyanto
Disampaikan pada Workshop Organisasi
BESIK’s di Universitas Wiralodra
20 Januari 2013


0 komentar:

Posting Komentar

Boleh komen, boleh senyum..